Kenapa Asuransi Itu Penting?

Tahu Kenapa Asuransi Itu Penting?
Asuransi pada dasarnya adalah kebutuhan yang penting dan seharusnya dipenuhi oleh setiap individu yang sudah mempunyai penghasilan. Karena didalam individu tersebut mempunyai nilai ekonomis yang sangat besar, sehingga asuransi / asuransi syariah inilah yang bertugas untuk melindungi nilai ekonomis seseorang.

Dalam roda kehidupan ini, tanpa disadari banyak sekali ancaman dan bahaya yang mungkin terjadi.
Ancaman dan bahaya tersebut biasa disebut dengan risiko kehidupan. Risiko kehidupan tersebut bisa berwujud sakit, sakit kritis, kecelakaan, cacat tetap dan total, atau meninggal dunia. Namun demikian, banyak diantara Anda yang tidak peduli dengan adanya risiko kehidupan tersebut. Padahal ketika musibah datang menghantui Anda, yang kena dampaknya bukan hanya Anda tapi Anak dan Istri Anda. Anak dan Istri Anda akan dibuat kelimpungan jika Anda tidak peduli dengan risiko yang terjadi pada diri Anda.

Bagi Anda yang peduli pada diri Anda sendiri dan keluarga, tentunya Anda akan berpikir “Apa yang semestinya saya lakukan untuk memberikan rasa aman dan jaminan keamanan keuangan pada Istri, Anak dan Keluargaku”. Yang bisa Anda lakukan adalah membuka sebuah rekening Asuransi. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membuka Rekening ini adalah :

1) Memastikan bahwa keluarga Anda memiliki dana yang cukup seandainya Anda harus pindah dunia secara tiba-tiba. Atau, keluarga Anda mendapatkan proteksi manakala Anda mengalami cacat tetap secara total akibat penyakit yang Anda derita sehingga Anda tidak dapat bekerja lagi seperti sedia kala.

Tentu saja, kita tidak pernah mengharapkan terjadinya musibah ini. Kematian Kemalangan, tidak pernah bisa diprediksi kedatangannya. Kalaupun itu terjadi, ketika Anda sudah memproteksi diri dengan produk asuransi, lebih-lebih asuransi syariah, keluarga sebagai ahli waris akan mendapatkan perlindungan berharga terhadap risiko yang tak terduga dalam bentuk uang pertanggungan.

2) Memastikan bahwa keluarga Anda dapat mempertahankan standard kualitas hidup manakala Anda harus pindah dunia. Tanpa proteksi dari asuransi, kejadian tersebut mengakibatkan sumber penghasilan keluarga hilang sehingga standar kehidupan keluarga Anda selanjutnya mengalami penurunan. Bisa-bisa rumah atau kendaraan yang masih dalam masa kredit harus dilepas karena tidak bisa membayar kewajiban-kewajibannya.

Polis asuransi yang Anda miliki akan memberikan kompensasi finansial dalam bentuk uang pertanggungan dan manfaat asuransi lainnya bagi keluarga Anda sebagai ahli waris. Sudah tentu, kompensasi yang mereka dapatkan sesuai dengan program asuransi yang Anda miliki.

3) Mampu membiayai pendidikan anak-anak Anda. Saat ini, kebutuhan pendidikan dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Ada banyak orang tua yang dipusingkan dengan besarnya biaya sekolah untuk anak-anak mereka yang mau masuk ke jenjang SD, SMP, SMU, atau Perguruan Tinggi.

Ketika Anda membayar premi, ibaratnya anda menyicil sedikit untuk kebutuhan masa depan anak-anak Anda. Dengan demikian Anda telah membantu mewujudkan impian buah hati Anda.

4) Terpenuhnya kebutuhan Anda di hari tua / masa pensiun. Pada saat Anda masuk dalam usia produktif, Anda bisa mendapakan penghasilan yang maksimal. Seiring dengan berjalannya waktu, usia Anda terus bertambah dan sampai pada satu titik Anda memasuki masa pensiun. Saat itulah, premi yang Anda bayarkan untuk keperluan hari tua akan bisa membantu Anda dalam mencukupi beragam kebutuhan. Anda dapat menerima dana yang cukup untuk kebutuhan Anda dari bulan ke bulan, sehingga dapat menikmati hari tua dengan kesejahteraan.

So, menurut Anda, seberapa pentingkah asuransi, terlebih asuransi syariah…? Sudahkah Anda memberikan yang terbaik untuk diri Anda dan Keluarga Anda..? Hanya Anda lah yang bisa menjawabnya.